Inilah Cara Mengencangkan Otot Dengan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah! | Musclefirst

Inilah Cara Mengencangkan Otot Dengan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah!

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-06-09
Inilah Cara Mengencangkan Otot Dengan Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah!

#workout

Mau punya otot kencang bak atlet profesional? Caranya memang tidak mudah, sebab membutuhkan latihan yang konsisten, nutrisi bergizi, dan pastinya istirahat yang cukup. Namun, setidaknya ada cara sederhana untuk membuat ototmu makin kencang. Caranya enggak banyak-banyak kok, terlebih lagi kamu bisa melakukannya juga di rumah. Penasaran kan? Nah, berikut ini ada beberapa tips membuat otot kencang menurut para ahli yang bisa kamu coba.

Salah satu cara yang efektif untuk membuat otot kencang adalah dengan melakukan latihan kekuatan fisik. Latihan ini tidak hanya membantu membangun kekuatan fisik dan membakar lemak, tapi juga bisa mengencangkan otot tubuhmu. Kamu dapat membagi latihan kekuatan fisik ini menjadi beberapa bagian, di antaranya adalah latihan otot perut, lengan, kaki, dan paha.

1. Otot Perut

Untuk melatih otot perut, kamu dapat melakukan sit up dengan tiga set. Gerakan ini cukup sederhana, kamu hanya perlu bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut sedikit ditekuk. Lakukan sit up dengan 10-12 kali repetisi tiap tiga atau empat kali dalam seminggu. Sit up sangat baik untuk membentuk otot perut dan pinggul loh!

2. Otot Lengan

Untuk melatih otot lengan, kamu bisa melakukan push up dengan porsi sebanyak tiga set dan 8-10 repetisi. Jika kamu belum cukup kuat untuk melakukan push up biasa, kamu bisa menggunakan posisi lutut di lantai sebagai tumpuan. Selain push up, kamu juga bisa menggunakan dumbbell untuk melatih otot lengan. Cobalah latihan jenis shoulder press dan upright row dalam tiga set dengan 10-12 repetisi.

3. Otot Paha dan Kaki

Merampingkan otot paha dan kaki sangat penting dalam membentuk otot tubuh menjadi kencang. Kamu bisa melakukannya dengan gerakan lunge depan maupun wall sit. Lakukan tiga set lunge depan dengan 10 repetisi. Sedangkan, untuk wall sit cukup bersandar pada dinding dalam posisi menyerupai duduk tanpa kursi bisa kamu lakukan selama 30 detik hingga satu menit.. Gerakan ini cukup efektif untuk melatih otot paha dan betis.

4. Latihan Stabilitas

Selain latihan fisik, latihan stabilitas juga dapat membantu mengencangkan otot tubuhmu. Salah satunya adalah Elbow to Instep Lunge. Lakukan gerakan ini dengan berdiri tegak, mengarahkan kaki kanan sejajar dengan tangan, dan kaki kiri lurus ke depan. Lipatlah tangan kanan ke samping kaki kanan dan putar badan ke kanan. Lakukan gerakan ini selama delapan hitungan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Single Leg Balance Squat. Lakukan gerakan ini dengan berdiri menggunakan satu kaki di depan sebuah bangku, lalu jongkok hingga bokong dapat menyentuh kursi, sambil mempertahankan posisi kaki yang sama.

Tak hanya melakukan latihan fisik saja tetapi juga mengonsumsi suplemen yang tepat, penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsumsi nutrisi bergizi. Pastikan kamu mendapatkan asupan protein yang cukup untuk mempercepat pertumbuhan otot.

Makanlah makanan yang kaya akan protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Rekomendasi suplemen juga dapat menjadi pendukung yang baik untuk membuat massa otot yang kencang dan sehat.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah Pro BCAA dari Muscle First. Produk ini telah banyak mendapatkan review positif dari para pengguna yang telah mencobanya. Pro BCAA mengandung asam amino bercabang yang penting untuk pemulihan otot dan mengurangi kelelahan selama latihan.

Dengan mengonsumsi Pro BCAA secara teratur, kamu dapat mempercepat proses pemulihan otot, memaksimalkan pertumbuhan otot, dan meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Pro BCAA sebagai bagian dari program latihanmu.

Dapatkan produk ini melalui marketplace atau agen resmi Muscle First terdekat di kotamu, dan temukan sendiri manfaatnya bagi perkembangan ototmu.

Jadilah atlet dalam tubuhmu sendiri dengan dukungan dari Pro BCAA.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share