Inilah 6 Ciri-Ciri Kekurangan Kolagen, Pernah Mengalaminya? | Musclefirst

Inilah 6 Ciri-Ciri Kekurangan Kolagen, Pernah Mengalaminya?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-03-17
Inilah 6 Ciri-Ciri Kekurangan Kolagen, Pernah Mengalaminya?
#collagen

Kolagen adalah protein yang mudah ditemukan pada jaringan ikat dalam tubuh, termasuk kulit, otot, dan tulang. Manfaat kolagen bagi kulit sangat penting untuk regenerasi dan membuatnya tetap elastis, kenyal, dan terhidrasi. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang. 

Hal ini akibat penambahan usia, tingkat stres tinggi, kesibukan dalam bekerja, begadang atau kurang tidur, hingga pola makan tidak seimbang, sehingga produksi alami kolagen pada tubuh melambat. Selain faktor usia, ada beberapa tanda-tanda apabila tubuh kekurangan kolagen, yaitu:

1. Keriput Pada Kulit

Salah satu fungsi kolagen adalah menjaga elastisitas, hidrasi, dan kekencangan kulit. Maka dari itu, tanda tubuh kekurangan kolagen akan menyebabkan kulit menjadi kering dan dehidrasi, sehingga mempercepat munculnya kerutan pada kulit (penuaan kulit dini).

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh menurun, menyebabkan kulit kering dan pembentukan keriput. Kolagen adalah komponen kulit yang berperan penting untuk memperkuat kulit, elastisitas dan hidrasi. Karena produksi kolagen pada tubuh yang minim, kulit menjadi kehilangan elastisitasnya.

Kalau mulai muncul garis-garis halus dan kerutan pada kulit tandanya sobat Muscle mulai kekurangan kolagen. Untuk mencegahnya, sebaiknya konsumsi minuman kolagen agar kulit menjadi awet muda.

2. Munculnya Stretch Mark

Tanda kulit yang kekurangan kolagen selanjutnya adalah selulit atau stretch mark. Selulit adalah bekas luka yang terjadi saat kulit ketika meregang atau menyusut dengan cepat. Selulit terjadi ketika jaringan lemak di bawah kulit menekan jaringan ikat yang menyebabkan kerutan terbentuk di permukaan kulit.

Kekurangan kolagen membuat kulit menjadi lebih tipis, kurang kencang dan masalah kulit lainnya. Akibatnya, selulit pada kulit semakin parah. Kolagen sangat penting untuk pembentukan jaringan ikat pada kulit, sehingga kolagen bertanggung jawab untuk pembaharuan sel, elastisitas, kekenyalan dan kekencangan kulit.

3. Rambut Rontok

Memiliki rambut yang tebal dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang, namun sayangnya tubuh yang kekurangan kolagen akan membawa masalah pada rambut. Saat tubuh sobat Muscle kekurangan kolagen, rambut juga akan kekurangan nutrisi.

Umumnya, kolagen berada di sekeliling area di sekitar folikel rambut. Ketika kolagen berkurang, proses penyaluran nutrisi menjadi terhambat, sehingga rambut mengalami penipisan, tekstur menjadi lebih kasar, serta tampak kusam.

Kolagen memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti mencegah kerapuhan kuku dan memperkuat rambut yang akan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Kolagen dapat memanjangkan rambut dan menciptakan tampilan rambut yang berkilau. Selain itu, kolagen dapat membantu rambut melawan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi.

4. Nyeri sendi

Masalah umum yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia adalah nyeri sendi yang mengganggu aktivitas dan membuat mobilitas menjadi terbatas. Hal ini bisa terjadi karena faktor tubuh mulai kekurangan kolagen. Untuk menghindarinya, pastikan memenuhi kebutuhan tubuh akan kolagen.

Kolagen pada persendian berperan sebagai “pelumas” pada mesin yang dapat membuat gerakan tubuh menjadi lebih luwes. Sehingga, kekurangan kolagen dapat menyebabkan tulang rawan yang beraktivitas sehari-hari menjadi radang sendi atau osteoarthritis.

Tulang rawan bermanfaat sebagai bantalan dan fleksibilitas pada bagian sendi. Kekurangan kolagen, akan membuat tulang rawan rentan terhadap kerusakan karena elastisitas berkurang. Oleh karena itu sendi menjadi tidak dapat berfungsi secara optimal untuk melakukan gerakan normal yang biasanya dilakukan oleh sendi, dan berefek pada persendian yang terasa nyeri.

5. Pemulihan Otot Yang Lambat

Apabila tubuh kekurangan kolagen, waktu pemulihan otot pasca latihan mungkin lebih lama dan membuat nyeri sendi. Kolagen yang berperan sebagai jaringan ikat akan membantu otot menjadi lentur serta memulihkan otot setelah beraktivitas.

6. Massa Otot Berkurang

Otot memerlukan protein untuk membantu dalam meningkatkan massa otot dan membentuk tubuh. Kolagen merupakan salah satu protein yang bisa membantu dalam meningkatkan massa otot. Apabila protein pada otot berlimpah maka pembentukan massa otot bisa menjadi lebih cepat.

Beberapa protein kolagen akan disimpan oleh tubuh di otot untuk meningkatkan massa otot rangka. Meskipun, protein kolagen tidak seefektif whey protein dalam membangun massa atau kekuatan otot. Hal ini karena protein pada kolagen memiliki asam amino esensial yang rendah, seperti leusin yang berperan penting dalam membangun massa otot.

6. Sensitivitas Gigi Meningkat

Meskipun gigi terlihat sehat di luar, namun merasakan sakit gigi menjadi tidak nyaman. Sakit gigi tidak hanya disebabkan oleh kotoran atau pembusukan yang menumpuk saja. Salah satu faktornya adalah karena kekurangan kolagen yang dapat membuat gigi terasa kendur dan "goyah". Kekurangan kolagen juga dapat meningkatkan sensitivitas gigi terhadap makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

7. Tulang Mengalami Pengeroposan

Seperti kulit, tulang juga terdiri dari banyak kolagen. Jika jumlah kolagen berkurang, secara alami akan mempengaruhi masalah kekurasakan tulang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun dan bisa menyebabkan osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana kepadatan tulang menurun, sehingga membuat tulang keropos dan mudah patah.

8. Masalah Tekanan Darah

Dinding pembuluh darah terdiri dari kolagen, maka dari itu ketika tubuh kekurangan kolagen akan membuat aliran darah menjadi terhambat. Sobat Muscle akan mengalami beberapa gejala yang berhubungan dengan tekanan darah yang tidak normal, seperti sakit kepala, nyeri dada, pusing, dan kelelahan.

9. Gangguan Pencernaan

Fungsi kolagen untuk menjaga kesehatan juga ditemukan di saluran pencernaan. Faktanya, kolagen dapat ditemukan di usus untuk membantu pencernaan tetap lancar dan sehat. Sebaliknya, jika sobat Muscle kekurangan kolagen maka bisa beresiko mengalami leaky gut syndrome atau sindrom usus bocor, yang ditandai dengan sembelit, diare, malnutrisi, konstipasi, brain fog, hingga autoimunitas.

Ternyata tubuh yang kekurangan kolagen justru dapat mengembangkan berbagai masalah kesehatan yang tidak baik untuk efek jangka panjang. Karena, kolagen memiliki banyak manfaat untuk tubuh sobat Muscle. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sobat Muscle bisa menjaga kadar kolagen dalam tubuh agar bisa menerapkan pola hidup sehat. Selain konsumsi makanan yang mengandung kolagen, sobat Muscle juga perlu tidur yang cukup, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, serta kelola stres dengan baik.

Itulah 6 ciri-ciri kekurangan kolagen yang harus diwaspadai. Jika sobat Muscle mengalami beberapa gejala tersebut, maka sudah saatnya untuk mulai memperhatikan asupan kolagen dalam tubuh sobat Muscle. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, sobat Muscle juga bisa memilih suplemen kolagen seperti Pro Collafit dari Muscle First.

Pro Collafit mengandung tripeptida kolagen ikan, vitamin C, dan bahan-bahan alami lainnya yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan sendi. Cukup satu sachet Pro Collafit per hari, sobat Muscle bisa merasakan manfaatnya secara optimal.

Yuk, mulai perhatikan kebutuhan kolagen dalam tubuh sobat Muscle sekarang!

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share