Apa Saja Sih Makanan Yang Mengandung Kolagen Terbaik? | Musclefirst

Apa Saja Sih Makanan Yang Mengandung Kolagen Terbaik?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2023-03-15
kolagen
#collagen

Kolagen berfungsi menjaga kekenyalan kulit, membentuk struktur pada persendian dan tendon, melindungi organ tubuh, serta menyatukan bagian-bagian tubuh seperti tulang dan otot. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh memproduksi kolagen semakin berkurang. Saat ini terjadi, kulit akan semakin kendur, bergaris, membentuk kerutan, dan tulang rawan pada persendian melemah.

Kolagen dibuat secara alami di dalam tubuh dengan menggabungkan asam amino sebagai bahan penyusunan protein yang ditemukan dalam makanan. Kandungan nutrisi untuk membuat kolagen terbaik bagi tubuh adalah :

1. Vitamin A

Vitamin A adalah jenis antioksidan yang dapat merangsang produksi kolagen dan menangkal efek merusak dari paparan sinar UV. sobat Muscle bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak ikan cod, dan telur.

2.Vitamin C

Tubuh memproduksi kolagen dengan menggabungkan dua asam amino yaitu glisin dan prolin dengan bantuan vitamin C. Sama seperti vitamin A, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah kulit kering dan membantu menunda tanda-tanda penuaan dan kerutan. sobat Muscle bisa menemukan vitamin ini dalam buah jeruk, stroberi, pepaya, lengkeng, brokoli, dan sayuran berdaun hijau, selain itu vitamin C juga dapat diperoleh melalui suplemen atau suntikan.

3. Antosianin

Selain kedua vitamin di atas, antosianin juga diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen. Antosianin merupakan pigmen warna yang terdapat pada buah dan sayuran. Makanan yang mengandung antosianin antara lain buah anggur, delima, beri, tomat, dan kacang-kacangan.

4. Protein

Tubuh mengubah asupan protein yang sobat Muscle makan menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen. Protein diperoleh dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, agar-agar, telur, kedelai, dan ikan.

5. Mineral

Zat mineral seperti selenium, seng dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen. Zat ini juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri, dan memproduksi kolagen. Selain asupan nutrisi di atas, produksi kolagen pada kulit juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan produk tertentu, seperti ekstrak pegagan. 

6. Pro Collafit

Jika asupan kolagen dari berbagai makanan yang disebutkan di atas tidak dapat mencukupi kebutuhan kolagen sobat Muscle sehari-hari, sobat Muscle dapat mengonsumsi suplemen kolagen. Selain untuk memenuhi kebutuhan kolagen harian, suplemen ini dirancang untuk memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh seperti:

  1. Mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada penderita penyakit sendi

  2. Menghambat kerusakan dan pengeroposan tulang

  3. Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung

  4. Menjaga kuku dan rambut tetap kuat

Mulailah sekarang untuk menjaga produksi kolagen tubuh sobat Muscle dengan mengonsumsi makanan kaya kolagen untuk membantu kulit, tulang, otot, dan persendian bekerja lebih baik. Nilai tambahnya, sobat Muscle juga bisa sekaligus menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Sehingga, sobat Muscle tak hanya membentuk badan impian dari dalam saja, tetapi juga memperhatikan penampilan luar juga.

Itulah beberapa makanan yang kaya akan kandungan kolagen. Namun, jika sobat Muscle merasa kesulitan untuk mendapatkan asupan kolagen yang cukup dari makanan sehari-hari, sobat Muscle bisa mencoba Pro Collafit dari Muscle First. Pro Collafit mengandung tripeptida kolagen ikan dan vitamin C yang dapat membantu menjaga kecantikan kulit dan kesehatan tulang serta sendi.

Konsumsi Pro Collafit secara rutin setiap hari untuk memperoleh manfaat optimalnya. Segera dapatkan Pro Collafit di toko-toko suplemen terdekat atau di situs resmi Muscle First.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share