Apa Itu Creatine? Kenapa Pro Creatine Baik Untuk Tubuh? | Musclefirst

Apa Itu Creatine? Kenapa Pro Creatine Baik Untuk Tubuh?

Penulis Artikel Fitrah Nur Islamiah
2022-09-16
Apa Itu Creatine? Kenapa Pro Creatine Baik Untuk Tubuh?
#creatine

Hai, sobat Muscle, siapa nih disini yang pernah denger Pro Creatine? Pasti sobat Muscle gak asing dengan kata tersebut saat berada di tempat seperti gym atau ketika akan membeli suplemen kesehatan. Tentunya sebelum membeli sesuatu, apalagi untuk mengkonsumsinya, sobat Muscle harus mencari tahu apa itu creatine? Untuk menjawab semua pertanyaan sobat Muscle, Mimin akan merangkum semua jawaban di artikel ini! Yuk kita bahas sampai tuntasss…

Creatine adalah berbentuk senyawa alami yang bermanfaat untuk sel otot dan bisa diperoleh melalui makanan atau suplemen pendukung. Karena memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, maka suplemen creatine umum digunakan oleh kalangan atlet, binaragawan maupun sobat Muscle yang melakukan workout agar bisa optimal dalam meningkatkan performa latihan. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen creatine adalah pilihan yang tepat bagi sobat Muscle yang membutuhkan kekuatan dan stamina yang besar dalam beraktifitas.

Beberapa penelitian pun menyatakan bahwa penggunaan suplemen creatine dapat meningkatkan massa otot dan performa fisik, namun secara bertahap dan tidak langsung. Creatine adalah asam amino yang secara alami diproduksi oleh hati dan ginjal atau lebih dikenal dengan sebutan tiga asam amino, yaitu glycinearginine and methionine. Sekitar 95% dari creatine dalam tubuh disimpan pada otot dengan bentuk phosphocreatine, dan 5% lainnya ditemukan di dalam otak, ginjal, dan hati. Creatine sendiri sebenarnya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini tercakup pada artikel "Inilah 6 Makanan Yang Mengandung Creatine!".

APA SAJA MANFAAT CREATINE UNTUK TUBUH?

Setelah sobat Muscle tahu apa itu creatine, sekarang sobat Muscle bakal mimin kasih tahu banyaknya manfaat creatine untuk tubuh. Creatine adalah zat kimia alami yang terkandung di dalam tubuh dan tersimpan pada otot. Tapi, saat beraktivitas workout, maka sobat Muscle perlu menambah creatine melalui suplemen agar tubuh bisa tetap optimal. Berikut manfaat Creatine bagi tubuh yang bisa sobat Muscle peroleh dari Pro Creatine :

1. Penambah Massa Otot

Creatine efektif untuk pertumbuhan otot, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga creatine banyak di konsumsi oleh orang yang menjaga pola hidup sehat ataupun atlet. Selain sebagai penambah massa otot, penyimpanan phosphocreatine sobat Muscle akan mengalami peningkatan sehingga bisa menghasilkan energi yang lebih banyak dan tidak mudah lelah. Adenosin Trifosfat (ATP) akan mengalami peningkatan saat mengonsumsi creatine pun akan membuat performa kekuatan fisik, kerja otak, dan daya pemulihan sobat Muscle meningkat.

2. Tingkatkan Kinerja Kognitif Lansia

Meskipun creatine ditujukan untuk sobat Muscle yang berusia diatas 18 tahun atau selama masa aktif beraktivitas, namun menurut penelitian di Jurnal Aging Neuropsychology andCognition(2007) diketahui bahwa creatine bermanfaat pada kinerja kognitif lansia. Peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok, dimana salah satunya diberikan creatine selama dua pekan. Lalu, para peserta diuji mengenai memori jangka panjang, ingatan spasial, nomor acak, serta nomor maju dan mundur. Hasilnya, diketahui bahwa creatine memberi efek yang signifikan pada semua tugas, kecuali mengingat nomor mundur. Kesimpulannya,  jika kita mengonsumsi creatine sejak dini, sobat Muscle bisa membantu mempertajam kognitif di masa tua nanti.

3. Turunkan Kadar Gula Darah

Manfaat creatine bagi tubuh bisa menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan fungsi transporter glukosa tipe 4 yang merupakan molekul pembawa gula darah ke otot. Menurut studi pada Jurnal Amino Acids (2008), apabila mengombinasikan creatine bersamaan dengan olahraga akan menunjukkan hasil kontrol gula darah yang lebih baik. Tapi, dibutuhkan juga efek jangka panjang  pada kontrol gula darah dan penderita diabetes. Wah, ternyata minum creatine bisa diminum tanpa beraktivitas workout loh, tapi ditambah olahraga lebih baik ya, sobat Muscle!

4. Kurangi Kelelahan

Studi pada Jurnal Acta Paediatrica (2008), melakukan penelitian pada seseorang yang mengalami cedera otak traumatis diberi suplemen yang mengandung creatine selama enam bulan, kemudian hasilnya ia merasakan pengurangan pusing hingga 50 persen. Sedangkan, pada studi yang Jurnal Psychopharmacology (2006),  creatine terbukti bisa mengurangi kelelahan serta menambah tingkat energi pada orang yang kurang tidur. Kalau sobat Muscle sering lembur hingga begadang cocok nih untuk mengonsumsi creatine!

5. Cegah Penyakit Saraf

Tahukah sobat Muscle? Manfaat creatine bisa melawan penyakit saraf, seperti penyakit neurologis yang disebabkan pengurangan phosphocreatine pada otak, Alzheimer, stroke iskemik, epilepsi, cedera otak atau sumsum tulang belakang, hingga amyotrophic lateral sclerosis. Hal ini berdasarkan penelitian melalui otak tikus yang terkena penyakit Huntington dan diberikan creatine. Hasilnya adalah creatine mampu mengembalikan simpanan fosfo sebesar 72 persen dan 25 persen dapat mempertahankan fungsi otak harian dan mengurangi kematian sel, dikutip dari Jurnal Neuroscience (2001).

6. Atasi Penyakit Parkinson

Sobat Muscle tahu gak penyebab penyakit Parkinson? Melansir dari Daily Caring, penyakit Parkinson disebabkan hilangnya dopamin di substansia nigra batang otak. Sedangkan, studi pada Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry (2008), menyatakan bahwa kadar dopamin yang berkurang dalam jumlah besar bisa mengakibatkan kematian sel otak, kehilangan fungsi otot, gangguan bicara, dan tremor. Maka, Healthline melakukan penelitian pada tikus yang menderita Parkinson untuk menguji fungsi creatine yang ternyata bisa mencegah penurunan tingkat dopamin hingga 90 persen.

Cara Konsumsi Creatine yang Benar

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat creatine untuk tubuh, baik untuk membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh maupun mencegah serta mengobati penyakit. Creatine bisa diminum tanpa olahraga karena fungsinya yang tidak hanya bermanfaat untuk otot. Sehingga, mimin akan menyarankan sobat Muscle mengenai cara mengkonsumsi creatine suplemen. Umumnya Pro Creatine diminum dalam dosis 5 gram atau satu scoop per hari dengan 150 mili air setelah gym ataupun dipagi hari setelah sarapan.

Tapi ada beberapa cara saat meminum Pro Creatine, sobat Muscle bisa langsung meminumnya dengan cara dry scoop atau menggunakan cara loading dengan membaca artikel "Cara Minum Dengan Fase Loading Creatine Yang Wajib Diketahui!" ini. Sobat Muscle bisa menggunakan wadah shaker yang memudahkan saat sedang mengocok suplemen dengan air, atau bisa juga langsung menenggak scoop creatine dengan air dingin.

Sedikit notes untuk sobat Muscle, setelah menyeduh creatine disarankan untuk segera dihabiskannya ya, karena sifat creatine yang akan menggumpal jika didiamkan lama. Mimin juga menyarankan agar kamu memilih creatine dalam bentuk bubuk karena mudah untuk ditakar dengan dosis yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dan tidak mudah mengendap seperti creatine cair yang cenderung hanya berisi ampas creatine. Pro Creatine dari Muscle First adalah pilihan creatine terbaik untuk sobat Muscle. Kenapa Pro creatine disebut creatine terbaik?

Muscle First telah menyediakan produk suplemen dengan mempertimbangkan kebutuhan sobat Muscle. Pro Creatine ingin membuat sobat Muscle bisa menjaga kesehatan anti boring dengan menghadirkan creatine bubuk dengan berbagai varian rasa, seperti mix berry, peach, green apple, guava tropical fruit dan bubble gum sebagai rasa terbaru dari Muscle First. Sobat Muscle pun akan mendapatkan scoop yang setara dengan 5 gram creatine untuk setiap pembelian Pro Creatine, jadi gak perlu ribet deh untuk menakar saat akan menyeduh.

Berdasarkan survei Compas pada bulan Juni 2022 di marketplace Shopee dan Tokopedia bahwa Muscle First telah mengalahkan banyak kompetitor brand Whey Protein dengan perolehan market share sebanyak 26.5%! Wah, Pro Creatine dari Muscle First memang creatine terbaik yaa! Nah, sekarang sobat Muscle sudah tahu kan apa itu creatine? Mau cobain creatine terbaik juga? Ya, Cuma Pro Creatine dari Muscle First! Pro Creatine harganya terjangkau dan bisa kamu dapatkan di Tiktok Shop, Shopee, Tokopedia, dan agen terdekat di kotamu. Yuk, sobat Muscle jangan sampai ketinggalan untuk beli creatine terbaik, ya!

Creatine adalah berbentuk senyawa alami yang bermanfaat untuk sel otot dan bisa diperoleh melalui makanan atau suplemen pendukung. Karena memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, maka suplemen creatine umum digunakan oleh kalangan atlet, binaragawan maupun sobat Muscle yang melakukan workout agar bisa optimal dalam meningkatkan performa latihan.

Fitrah Nur Islamiah Penulis Artikel
Kontak Media Penulis Artikel
Share